Guru Les Tematik Surabaya – Merancang untuk tujuan proses pembelajaran tematik harus disusun dengan kebutuhan siswa. Belajar tematik merupakan proses untuk belajar sesuai dengan subjek atau tema. Dari subjek itulah yang nantinya memuat berbagai macam mata pelajaran dengan bentuknya yang sudah terintegrasi dengan baik.
Daftar Isi
Metode Belajar Efektif Yang Digunakan Oleh Guru Les Tematik Surabaya
-
Connected
Metode pembelajaran tematik dengan model konektif merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan secara terpadu oleh guru. Pada pembelajaran tematik yang satu ini memang dilakukan secara sengaja yang dapat diusahakan oleh para guru untuk menghubungkan antar konsep.
Sehingga akan timbul pemahaman dari konsep yang satu dengan konsep lain, keterampilan yang satu dengan keterampilan lain, dan topik yang satu dengan topik lain. Dengan demikian, juga bisa memahami bagaimana tugas yang harus diselesaikan untuk waktu selanjutnya.
Selain itu, juga harus saling keterhubungan antara ide yang nantinya akan dipelajari di semester saat ini dan selanjutnya. Dalam bidang studi yang sama yaitu tetap tematik memberikan pemahaman yang serupa.
-
Fragmented
Pembelajaran yang menggunakan model fragmented menjadi sebuah metode pembelajaran yang dilakukan secara konvensional. Dalam penerapannya sendiri dilakukan secara terpisah dari mata pelajaran yang di pelajari oleh anak.
Anak bisa mempelajari setiap pelajaran tanpa harus mengaitkan antara makna dari pelajaran yang satu dengan pelajaran lain. Adanya mata pelajaran yang harus dipelajari dan diajarkan oleh para guru tentunya akan memiliki perbedaan.
Selain itu, perbedaan juga terdapat dari segi ruang yang akan diterapkannya. Dari setiap mata pelajaran yang ada mempunyai ranah yang berbeda sehingga tidak dapat disatukan.
-
Nested
Model pembelajaran yang dilakukan secara terpadu dengan memiliki target fokus pada keterampilan organisasi dan cara berpikir. Penerapan dari model ini memperpadukan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Bahkan, juga menerapkan komunikasi, keterampilan proses hingga sikap.
Fokusnya sendiri lebih kepada keterpaduan dalam aspek yang termuat di satu mata pelajaran. Sementara itu, untuk materi pelajarannya tetap menjadi prioritas utama yang juga ditambahkan dengan keterampilan lainnya.
-
Shared
Guru les tematik Surabaya profesional telah menerapkan metode pembelajaran yang menggabungkan dari dua mata pelajaran yang berbeda. Sehingga keduanya bisa saling melengkapi untuk membuat fokus terhadap sikap, konsep dan keterampilan.
Gabungan dari keseluruhan tersebut akan berkaitan satu sama lain. Pada penerapannya sendiri hanya menggunakan satu tema supaya bisa saling melengkapi perencanaannya.
-
Sequenced
Model pembelajaran dengan penggunaan topik yang telah disusun sehingga untuk pembahasan pembelajarannya lebih tepat. Apabila menerapkan topik yang sudah diurutkan dalam proses belajar, maka membuat setiap kegiatan yang akan dilakukan bisa difokuskan karena terdapat subjek yang berkaitan.
-
Threaded
Model pembelajaran yang lebih mengutamakan fokus terhadap metakurikulum. Hal ini lebih menggantikannya dengan penggunaan inti dari subjek materi yang akan dipelajari.
Pembelajarannya bisa dengan melatih keterampilan dan kemampuan dalam berpikir pada mata pelajaran. Cara ini bisa menjadi bagian untuk menerapkan problem solving. Sementara itu, keterampilan dalam penerapan model pembelajaran juga harus menyesuaikan dari segi tumbuh kembang anak supaya tidak kelabakan dalam belajar.
-
Webbed
Sistem pembelajaran yang lebih memfokuskan terhadap pendekatan tematik. Pada pendekatan yang satu ini bisa dimulai dengan membuat tema yang dapat difokuskan.
Setelah itu, dikembangkan lagi untuk subtema yang saling berhubungan dengan mata pelajaran lain. Kemudian, kembangkan kembali untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran.
-
Immersed
Model pembelajaran ini juga diterapkan oleh guru les tematik Surabaya yang paham dengan pelajaran. Bentuk pembelajarannya sendiri akan melibatkan adanya banyak mata pelajaran untuk dijadikan dalam sebuah proyek.
-
Networked
Model pembelajaran networked merupakan sebuah sistem kerja sama yang akan dilakukan oleh para siswa dengan guru. Sehingga bisa meningkatkan keterampilan dalam mencari keterangan, data ataupun hal lain yang saling berkaitan pada mata pelajaran yang akan dipelajari.
Dalam hal ini siswa tidak langsung mendapatkan sumber dari mata pelajaran yang diminatinya. Adanya sumber mata pelajaran bisa berasal dari banyak. Sehingga bisa membuat siswa belajar sendiri dengan adanya motivasi yang dirasakan untuk memahami setiap mata pelajaran.
-
Integrated
Konsep pembelajaran yang menggabungkan antara sejumlah mata pelajaran. Setiap mata pelajaran yang ada akan dihubungkan dengan penggunaan satu tema sebagai payung atas mata pelajaran tersebut.
Keunggulan dalam penerapan model pembelajaran ini bisa membuat siswa merasa lebih nyaman dan suka terhadap mata pelajaran. Hal ini dikarenakan, terdapat hubungan feedback dari wawasan yang didapatkan, disiplin ilmu hingga apresiasi yang diberikan oleh guru. Sehingga mampu mendukung lingkungan belajar yang lebih ideal.
Tips Agar Bimbel Tematik Bisa Lebih Efisien
-
Menentukan yang Akan Dipelajari
Ketika akan belajar tematik harus menentukan terlebih dahulu cakupan dari materi yang nantinya akan dipelajari. Penguasaan dari setiap siswa yang cukup tinggi atas topik yang akan dipelajari bisa membuat cakupan materinya lebih dalam.
-
Memutuskan yang Akan Dipelajari
Pemilihan topik atau tema yang akan dipelajari harus disesuaikan dengan minat dan kesukaan dari anak. Dengan begitu, bisa mendiskusikan dan membuat kesepakatan terkait pemilihan topik yang tepat untuk dipelajari oleh anak.
-
Mengidentifikasi Kegiatan
Sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, bisa melanjutkan pada proses identifikasi terhadap kegiatan yang bisa dilakukan. Hal ini juga harus diperpadukan dengan adanya variasi dari berbagai macam kegiatan.
-
Membuat Jadwal Kegiatan
Berdasarkan dari jenis kegiatan yang nantinya akan dilakukan oleh anak. Maka, bisa menentukan jangka waktu yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan jadwal kegiatan setiap hari.
Pada pembuatan jadwal bisa menjadi tantangan bagi anak. Sehingga pembuatannya jangan terlalu padat ataupun terlalu longgar.
-
Menentukan Jangka Waktu Kegiatan
Penting untuk anak memiliki jangka waktu kegiatan dalam menjalankan aktivitas belajar tematik. Makin banyaknya hal yang akan dipelajari oleh anak tentunya bisa membuat jangka waktu yang dibutuhkan juga semakin lama.
Pada tahapan awal, dengan menentukan jangka waktu kegiatan dengan proyek sederhana sekitar 1 hingga 3 hari saja. Selebihnya dengan jangka waktu yang lebih lama yaitu satu minggu.
-
Mencari Materi Pendukung
Dalam upaya mendukung kegiatan belajar tematik untuk anak sebaiknya juga mencari materi yang sesuai. Sediakanlah beberapa lembar kerja, buku serta sarana penunjang lain yang akan dibutuhkan guna mendukung kegiatan belajar sesuai dengan rencana.
-
Mencari Literatur dalam Memperkaya Wawasan
Guru les tematik Surabaya bisa mencarikan literatur sesuai dengan kebutuhan anak. Adanya literatur tersebut bisa memperkaya wawasan yang sebelumnya dapat diawali dengan riset kecil untuk memberikan fasilitas yang tepat.
-
Menjalankan Pembelajaran dengan Bahagia
Jika semua kebutuhan sudah disiapkan, pastikan juga sudah menyiapkan hati dengan kebahagiaan untuk mengajarkannya. Sehingga bisa mendukung proses belajar bagi anak untuk memahami tematik supaya anak juga bisa menikmati setiap prosesnya.
Jika guru bahagia dalam mengajarkan materi pada anak, bisa menularkan kebahagiaan yang sama saat anak sedang menjalani proses belajar tematik. Kebahagiaan yang dirasakan oleh anak saat belajar ternyata sangat efektif untuk memberikan pemahaman dan memperluas wawasannya.
Penerapan metode pembelajaran yang tepat bisa membuat siswa paham terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Jika membutuhkan guru les tematik Surabaya, maka bisa coba menggunakan Bimbel Gurulesku. Untuk membantu menghadapi segala kesulitan belajar segera daftar sekarang juga melalui Whatsapp di 0877-4330-0097 atau lewat email di info@gurulesku.id, kami tunggu!