Les Tematik SD Surabaya – Adanya metode pendidikan kurikulum yang berkembang di Indonesia memang memiliki tujuan untuk membantu siswa-siswinya dalam mempelajari materi agar lebih mudah dimengerti. Sistem pembelajaran dan kurikulum yang berubah, tentunya menyebabkan para guru juga harus mengubah sistem pembelajaran yang sudah mereka terapkan, terutama untuk guru yang telah lama mengajar dan berpatokan pada kurikulum lama. Inilah tantangan utama yang dihadapi para guru dalam proses pembelajaran, yaitu saat ini guru-guru yang dinamis dan fleksibel lebih diutamakan. Mereka dituntut untuk selalu dapat menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran dan kurikulum yang baru dan terus berkembang di Indonesia.
Materi pembelajaran Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu kurikulum yang penting mengingat sekolah dasar adalah basis utama pembelajaran dimulai, tidak seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ataupun Taman Kanak-Kanak (TK) yang pembelajarannya masih berupa permainan yang menyenangkan. Meskipun sekolah dasar adalah basic pembelajaran pertama sebagai seorang siswa, bukan berarti kegiatan belajar mengajarnya tidak bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Itulah mengapa fokus kurikulum untuk sekolah dasar harus benar-benar dipertimbangkan oleh pembuat kebijakan.
Daftar Isi
Kurikulum Tematik
Kurikulum tematik di lingkup sekolah dasar membuat guru SD juga harus memiliki kreativitas mengajar yang tinggi. Disiplin ilmu ini lahir dari cara pandang anak-anak usia sekolah dasar yang memandang sesuatu secara umum, sehingga kurikulum tematik ini memiliki konsep menggeneralisasikan suatu tema secara umum baru kemudian membaginya ke dalam sesuatu yang lebih spesifik. Sebenarnya kurikulum ini bermaksud membantu siswa-siswinya lebih mudah belajar, dengan cara mngintegrasikan, memvisualisasikan, mengaitkan suatu tema ataupun topik dengan keseluruhan elemen mata pelajaran. Kurikulum ini juga mengajarkan kepada siswanya bahwa semua mata pelajaran itu dapat dikaitkan satu sama lain, juga dapat dibuktikan dengan contoh-contoh yang nyata. Ini seperti menangkap beberapa ekor burung dengan satu ketapel.
Adanya pembelajaran tematik dapat menghemat dan efisien dalam sistem pembelajaran. Ini memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas mereka juga. Pembelajaran menjadi tepat guna dan ringkas, sehingga siswa-siswi tidak akan merasa memiliki beban yang berat untuk mengkotak-kotakkan semua mata pelajaran. Mereka juga tidak akan merasa mata pelajaran di sekolah bertumpuk satu sama lain. Keterkaitan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain lebih mudah dimengerti, baik hubungannya dan prosesnya. Ini dapat membantu siswa untuk dapat lebih mengapresiasi suatu proses sehingga kemudian menjadi suatu kesatuan atau konsep yang utuh dalam suatu tema.
Komponen Pembelajaran
Guru sebagai tenaga pendidik diharapkan lebih kreatif dalam memilih suatu konsep tema yang akan dijadikan pembelajaran. Selain itu, mereka juga dituntut untuk mampu mengkombinasikan mata pelajaran satu sama lain sehingga menjadi suatu yang sistematis dan nyambung. Konsep pengajaran yang menyenangkan, menarik dan mudah diikuti oleh seluruh siswa juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Sebagai sasaran, siswa dibuat terkesan sehingga akan memunculkan suatu diskusi yang aktif baik antara siswa dengan guru maupun antar temannya. Bagaimana memecahkan masalah dan melakukan eksperimen-eksperimen dengan cara mereka sendiri.
Pembelajaran tematik mungkin memiliki cost yang lebih tinggi karena membutuhkan media pembelajaran yang variatif supaya tidak cenderung membosankan. Buku teks yang integratif menjadi salah satu media bantu bagi guru dalam menyampaikan bahan ajar dan sebagai pembelajaran mandiri bagi siswa-siswi di luar kelas. Media berkaitan dengan metode pembelajaran yang digunakan. Tentunya untuk mendapatkan metode yang sesuai tidak dapat terpatok pada satu jenis metode saja, namun harus ada trial and error atau kaji pendalaman, jika tema yang diambil keluarga misalnya, maka media yang digunakan adalah gambar, kemudian metode disesuaikan. Ada banyak metode Anda dapat memilih, apakah dalam bentuk diskusi kelompok, simulasi, tanya jawab langsung oleh guru mereka, demonstrasi dengan alat bantu, role-playing dan berbagai jenis metode lainnya.
Peningkatan Pembelajaran di Luar Sekolah
Guru di sekolah tidak bisa menjadi satu-satunya patokan tenaga pendidik bagi anak-anak. Apalagi berebut perhatian dengan teman-teman satu kelas, tentunya pasti ada satu dua yang tidak mendapatkan porsi yang sama meskipun tanpa disengaja. Jadi lingkup sekolah dalam pembelajaran tematik hanyalah sebagian kecil saja. Bagaimana pembelajaran mereka di luar sekolah juga dapat ditingkatkan dan perlu ditunjang. Nah, orang tua juga memiliki peran penting dalam edukasi anak-anak mereka. Sehingga anak-anak akan merasa diberi perhatian lebih dan tidak memandang sekolah menjadi suatu kewajiban belaka. Bagi orang tua yang ingin meningkatkan pendidikan anak mereka dengan tenaga pendidik dari luar, kelas di luar sekolah menjadi pilihannya.
Les menjadi salah satu cara yang dipilih orang tua supaya anak mereka tetap dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Adanya les baik privat maupun semi privat (dengan kelompok) memiliki poin plus dan minusnya sendiri. Jika anak Anda perlu perhatian khusus dalam akademisnya dan termasuk tipe yang sulit fokus jika dalam kondisi ramai, maka privat lebih diutamakan. Sebaliknya, jika Anda merasa anak Anda perlu ditingkatkan dalam hal sosialisasinya, maka pendidikan yang mengarahkan pada diskusi kelompok dapat menjadi pilihan. Apapun itu pastinya bertujuan untuk membantu anak Anda dalam peningkatan edukasinya di luar sekolah.
Tempat les merupakan salah satu aspek yang orang tua wajib perhatikan ketika akan mendaftarkan anaknya di salah satu jenis bimbingan belajar tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan terutama adalah lingkungan dan komponen pembelajaran yang ada. Bagaimana tenaga pendidik yang nantinya akan membimbing anak-anak dalam prose belajar mereka, kemudian fasilitas dan sarana penunjang yang ada apakah sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Pastinya setiap bimbingan belajar atau tempat les memiliki metode yang mereka anggap sesuai dengan kebutuhan anak-anak sekolah dasar.
Bagi Anda yang berlokasi di Surabaya, ada tempat les tematik SD Surabaya yang sesuai dengan kurikulum tematik tersebut, Gurulesku.id. Jika Anda menginginkan kualitas yang baik dan sudah terpercaya tentunya Anda akan memilih tempat les yang terbaik untuk anak Anda. Kualitas disini dilihat dari lulusan tenaga pendidik dan bagaimana seleksi mereka dalam menjadi seorang pengajar. Fleksibilitas juga akan memudahkan orang tua dan anak mereka dalam mengatur jadwal yang sesuai dan disesuaikan dengan aktivitas peserta didik, ataupun dapat memilih pengajar yang datang ke rumah mereka jika memang orang tua tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengantarkan anak mereka atau menginginkan suasana belajar yang homie. Fasilitas juga menjadi alasan penting untuk mendaftarkan anak Anda dalam suatu bimbingan belajar, bagaimana modul isi bahan ajar dan modul mereka, kualitas kuis dan soal yang mereka bagikan hingga cara konsultasi perkembangan anak mereka kepada pengajar. Gurulesku.id, yang merupakan salah satu tempat les tematik SD Surabaya ini memiliki kualifikasi tersebut.
Bagaimanapun, kami juga menganjurkan peran orang tua sebagai support system yang juga ikut peduli pada sistem pembelajaran dan kurikulum anak-anak sehingga mereka akan lebih terbuka dalam belajar dan menganggap belajar itu penting dan menyenangkan.