Blog

Info Pendaftaran UTBK 2021: Jadwal hingga Syarat yang Harus Diketahui

Pendaftaran UTBK 2021 – Setelah gagal dalam SNMPTN, para siswa yang gagal masih bisa mengikuti jenis seleksi masuk PTN kedua yang dinamakan dengan SBMPTN atau yang sekarang dikenal dengan UTBK. Pendaftaran UTBK 2021 sangat disarankan bagi siswa yang memang hendak masuk perguruan tinggi.

Hal ini disebabkan seleksi tersebut biasanya akan mendapat keringanan, baik dari segi biaya tes dan lain sebagainya dibandingkan dengan ujian mandiri. Untuk siswa yang ingin mengikutinya, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat melakukan pendaftaran.

Pendaftaran UTBK 2021

Syarat Mengikuti UTBK 2021

Untuk dapat mengikuti UTBK 2021, peserta harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), di antaranya:

  1. Mempunyai akun LTMPT
  2. Merupakan siswa yang tengah duduk di bangku SMA / MA / SMK pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C di tahun 2021 yang berumur maksimal 25 tahun terhitung tanggal 1 Juli 2021
  3. Dapat juga berstatus sebagai lulusan SMA / MA / SMK / sederajat tahun 2019 dan 2020 maupun lulusan Paket C tahun 2019 / 2020 dan maksimal berusia 25 tahun
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran UTBK. Untuk biaya pendaftaran, peserta dikenakan biaya sebesar Rp200.000,00 untuk kelompok Saintek dan Soshum, serta sebesar Rp300.000,00 untuk peserta yang mengambil ujian kelompok Campuran.
  5. Hasil yang keluar pada UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan di tahun yang sama

Adapun ketentuan syarat ujian yang diikuti adalah:

  1. Mengikuti TPS dan TKA kelompok Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) bagi calon pendaftar program studi atau jurusan Saintek.
  2. Mengikuti TPS dan TKA kelompok Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) bagi calon pendaftar program studi atau jurusan Soshum.
  3. Mengikuti TPS Saintek dan TKA Saintek Soshum bagi calon pendaftar program studi atau jurusan campuran.

Alur Pendaftaran UTBK 2021

Setelah memenuhi persyaratan, pendaftar bisa mulai melakukan tahap pendaftaran dengan cara:

  1. Wajib mendaftar akun LTMPT bagi calon peserta UTBK – SBMPTN
  2. Masuk ke akun LTMPT yang sudah terdaftar dengan memasukkan Ussername / Email beserta Password di laman web portal.itmpt.ac.id.
  3. Isi biodata, unggah pas foto terbaru berwarna, dan verifikasi biodata pada menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa.
  4. Pilih lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian di menu Pendaftaran UTBK.
  5. Setelah mendaftar, pendaftar akan memperoleh slip pembayaran. Bayar sejumlah yang tertera di slip tersebut melalui bank terdekat (Bank Mandiri, BNI, atau BTN)
  6. Cetak kartu peserta UTBK di menu Pendaftaran UTBK pada laman yang sama.
  7. Pelaksanaan UTBK sesuai dengan lokasi, hari, tangga, serta sesi yang sebelumnya dipilih.

Pelaksanaan UTBK Tahun 2021

Peserta yang telah melakukan pendaftaran dan berhasil mendapatkan kartu berhak mengikuti tes. Adapun metode tes yang digunakan bukan lagi menggunakan kertas dan pensil, melainkan sudah menggunakan komputer.

Masing-masing peserta mengikuti ujian sesuai dengan kategori ujian yang sudah dipilih, yakni kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Materi tes terdiri dari dua jenis materi (1 materi tambahan untuk kelompok Campuran), yakni TPS atau Tes Potensi Skolastik dan TKA atau Tes Kompetensi Akademik.

UTBK dilaksanakan 2 sesi setiap hari selama 14 hari dalam dua gelombang. Peserta hanya bisa mengikuti tes sebanyak 1x saja. Hasil tes bisa dilihat setelah ujian selesai secara individu.

Tips Menghadapi UTBK 2021

Agar bisa lolos dalam menghadapi UTBK 2021, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan, yakni:

  • Pahami Konsepnya

Mengerjakan banyak soal latihan memang bagus, namun akan sia-sia jika siswa tidak mengerti konsepnya. Untuk itu, pahami konsep tiap-tiap jenis soal agar siswa bisa menerapkannya di soal lain jika bertemu dengan jenis soal tersebut.

Pemahaman konsep bisa dilakukan dengan cara mengerjakan soal dasar terlebih dahulu. Setelah paham dengan konsep dasar, silakan kerjakan soal dengan level yang lebih sulit. Metode belajar seperti ini lebih efektif dibandingkan mengerjakan langsung ke soal yang sulit.

  • Terus Latihan dan Tingkatkan

Mengikuti try out atau simulasi UTBK sangat dianjurkan karena dapat melatih kepekaan terhadap soal-soal UTBK. Selain itu, siswa juga dapat membiasakan diri dalam kondisi dan suasana saat pelakasanaan UTBK nantinya.

Dengan begitu, siswa tidak akan kaget, sehingga menurunkan rasa gugup yang bisa mengganggu konsentrasi saat mengerjakan soal. Selain itu, dengan sering berlatih siswa dapat mengukur kemampuannya melalui hasil atau nilai yang diperoleh.

Sebisa mungkin agar hasil yang didapatkan selalu meningkat sebagai cara memantapkan bekal untuk masuk ke perguruan tinggi melalui UTBK.

  • Selalu Up to Date

Meskipun fokus dengan belajar dan mempersiapkan ujian, jangan sampai tertinggal dengan informasi-informasi UTBK 2021. Baca peraturan dan ketentuan pelaksanaan UTBK, terutama bagian syarat-syarat yang harus dipenuhi agar tidak gagal sebelum โ€˜bertandingโ€™.

Jangan terpaku pada aturan UTBK di tahun 2020, karena bisa saja peraturan di tahun 2021 berbeda. Untuk itu, selalu up to date terhadap info UTBK 2021 agar tidak ada informasi yang tertinggal atau tidak diketahui.

  • Pantau Universitas dan Jurusan yang Diincar

Selain bermimpi masuk ke universitas dan jurusan yang diincar, perwujudan mimpi itu juga perlu diperhatikan. Agar siswa bisa mengira-ngira berapa skor rata-rata yang harus didapatkan di UTBK 2021, selalu pantau website atau informasi-informasi mengenai universitas dan prodi incaran.

Pantau berapa kuota yang tersedia untuk jurusan incaran, berapa jumlah pendaftarnya di tahun lalu, serta berapa orang yang bisa masuk. Dengan pemantauan tersebut, siswa dapat lebih tepat dalam memposisikan dirinya, apakah sekiranya mampu masuk atau tidak.

  • Belajar Jauh-Jauh Hari

Yang tak kalah pentingnya dari semua persiapan di atas adalah memulai belajar dari jauh-jauh hari. UTBK tidak bisa disamakan dengan ujian semester biasa yang bisa dilakukan dengan belajar sistem kebut semalam.

UTBK memuat banyak soal yang menguji pemahaman konsep siswa mengenai suatu materi. Selain itu, tidak hanya satu dua materi, tetapi ada banyak materi yang perlu dikuasai agar hasil UTBK bisa bagus dan bisa dijadikan modal mendaftar ke PTN incaran.

Untuk itu, belajarlah jauh-jauh hari, jika memungkinkan siswa bisa mempersiapkannya sejak di kelas XI. Hal itu dikarenakan ketika siswa di kelas XII akan lebih disibukkan dengan ujian akhir sebagai penentu kelulusan, sehingga sering kali melewatkan belajar untuk UTBK.

Pembelajaran akan lebih mudah jika siswa memperoleh bimbingan yang tepat untuk menjelaskan materi UTBK. Gurulesku.id merupakan salah satu lembaga pengajaran yang menyediakan kelas UTBK di seluruh Indonesia.

Siswa akan memperoleh pengajaran dari guru terbaik yang telah berpengalaman mengajarkan soal-soal ujian masuk PTN. Kelebihannya, pembelajaran bisa dilakukan secara online, sehingga akan sangat nyaman dan aman di tengah pandemi seperti sekarang.

Informasi mengenai pendaftaran UTBK 2021 di atas bisa menjadi bentuk persiapan siswa dalam menghadapi UTBK tahun ini. Persiapkan segala hal sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!