Blog

Pendidikan di Masa New Normal

Pendidikan di Masa New Normal – Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pendidikan di masa new normal ini. Tentunya dari segi pelaksanaan dan juga waktunya akan berbeda dengan pendidikan saat corona maupun sebelum corona. Hal ini membuat masyarakat khususnya guru, siswa dan orang tua berusaha untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang akan dihadapinya. Inilah rangkuman mengenai protokol terkait new normal pada pendidikan yang harus dilaksanakan.

Pendidikan di Masa New Normal

Ringkasan Protokol Pendidikan di Masa New Normal

  1. Kondisi Kelas

Perbedaan pertama dari new normal ini terletak pada protokol yang harus dipenuhi untuk setiap kelasnya. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi metode pendidikan di masa new normal ini. Yang pertama dari pendidikan Sekolah Dasar yang biasanya berjumlah banyak siswa di dalam kelasnya, saat memasuki new normal ini haruslah berjumlah maksimal 18 orang saja. Sementara untuk jarak masing-masing tempat duduknya haruslah 1,5 meter.

Selanjutnya untuk SLB jarak setiap bangkunya haruslah 1,5 meter, sementara untuk jumlah siswa maksimal 5 anak per kelasnya. Terakhir yaitu PAUD, untuk ukuran anak-anak yang masih kecil maka jarak yang diberikan juga semakin panjang yaitu 3 meter per tempat duduknya. Sementara untuk jumlah siswa yang ada di dalam kelas maksimal 5 orang saja sama dengan SLB.

  1. Waktu Pembelajaran

Sementara untuk waktu pembelajaran pada new normal ini juga bertaut jauh dari kalender sekolah yang sudah ditetapkan sebelumnya. Namun tentu saja dengan adanya kebijakan ini maka siswa tetap bisa merasakan manfaat pendidikan di masa new normal.

Untuk PAUD, masa sekolahnya dimulai tahun depan tepatnya pada bulan Januari tahun 2021. Lalu untuk SD, MI, SLB dimulai paling cepat bulan November 2020. Terakhir jenjang SMP, SMA dan sederajat akan dimulai pada September 2020.

Tentunya dengan waktu persiapan yang masih ada, baik siswa, sekolah maupun orang tua mampu mempersiapkan segala macam kebutuhan dari pembelajaran dan juga protokol keamanan yang akan digunakan saat bersekolah.

  1. Perilaku Wajib

Tentunya untuk menjaga keamanan dan kebersihan bagi seluruh civitas akademik yang berlaku selama sekolah di era new normal ada beberapa kewajiban yang harus ditaati oleh masing-masing individunya. Yang pertama terkait dengan wajibnya penggunaan masker bagi semua orang yang sedang bertugas maupun sekolah dengan ketentuan masker yang bukan medis dengan ketebalan lapis 3 kain serta di dalamnya ditambahkan tisu.

Hal ini berguna untuk mengurangi kelembapan dan juga efisien daripada mengganti masker setiap empat jam sekali. Kemudian membawa handsinitizer maupun mencuci tangan secara rutin menggunakan wastafel yang telah disediakan ataupun memanfaatkan handsinitizer yang telah disediakan pada tempat-tempat tertentu. Yang terakhir tentang kontak fisik yang dibatasi dan juga jaga jarak dengan sesama sejauh 1,5 meter untuk menjaga keamanan.

  1. Jadwal Pembelajaran

Untuk jadwal yang digunakan selama proses pembelajaran tidak ada aturan yang mengikat khusus, yang jelas haruslah per-shift sesuai dengan kebutuhan dan jumlah siswa yang ada pada sekolah tersebut. Jadwal untuk sekolah new normal ini tentunya akan semakin padat untuk guru mengingat banyaknya shift yang harus dijalani karena setiap kelas hanya berisi beberapa anak saja.

  1. Keberadaan Kantin

Untuk kantin atau tempat membeli makanan dan minuman saat siswa beristirahat nyatanya boleh beroperasi namun tetap harus memperhatikan protokol keamanan saat new normal ini. Namun meskipun begitu banyak yang merekomendasikan untuk membawa bekal dari rumah karena peralatan makan yang digunakan akan jauh lebih bersih dan aman.

  1. Kondisi Kebugaran

Ada hal yang ditegaskan terkait siapa-siapa saja yang boleh memasuki area sekolah, yaitu orang-orang yang memang sehat bugar dan tidak mengidap penyakit yang menular. Terutama untuk orang-orang yang mengidap penyakit komorbid yang tidak bisa dikendalikan sebaiknya tidak usah pergi ke sekolah. Kemudian yang terkena COVID 19 untuk mengurungkan diri berangkat ke sekolah karena akan membahayakan semua orang.

  1. Kegiatan Selain KBM

Dengan adanya new normal ini pastinya anak-anak tidak terlalu tertekan karena pada era ini sudah diperbolehkan mengadakan kegiatan sekolah yang sifatnya berada di luar KBM. Kegiatan selain KBM bisa berupa lomba maupun kegiatan lain yang sifatnya non akademik namun mampu untuk meningkatkan skill atau kemampuan siswa selain dalam potensi akademiknya.

  1. Kegiatan Ekskul dan Olahraga

Tentunya menjaga kebugaran dan kreativitas siswa memerlukan kegiatan ekskul dan juga olahraga sehingga pada era new normal ini kegiatan yang awalnya dicegah sekarang sudah boleh dilakukan. Namun tetap saja harus mengikuti protokol dan juga ketentuan menjaga jarak untuk menghindari adanya kerumunan. Bahkan dengan olahraga tentu saja siswa dan guru menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Salah satu cara untuk mendukung potensi belajar atau menyelesaikan permasalahan belajar anak yang susah adalah dengan menggunakan jasa bimbingan belajar secara online. Tentu saja pilihan bimbingan belajar secara online ini adalah suatu keputusan yang tepat mengingat segi keamanan dan juga keefisienan waktu yang ada. Ada beberapa tips yang bisa digunakan saat mengikuti bimbel pendidikan di masa new normal.

Tips Belajar Yang Nyaman Menggunakan Bimbingan Online

  • Atur tempat belajarmu

Hal pertama yang krusial adalah tempat belajar dimana ketika tempatnya tertata dengan rapi dan enak untuk dipandang maka akan betah untuk melakukan kegiatan belajar di ruangan tersebut. Tidak harus tempat baru ataupun tempat yang luas. Yang penting adalah bersih, rapi dan nyaman untuk ditempati meskipun dalam waktu yang lama. Pastikan juga tempat tersebut memiliki penerangan yang cukup dan sinyal yang kuat untuk melakukan video call ataupun proses pembelajaran bersama tutor.

  • Tentukan waktu yang sesuai

Waktu yang pas akan membuat pembelajaran mudah untuk masuk ke otak. Untuk itu karena proses pembelajarannya menggunakan sistem online maka jangan lupa untuk mendiskusikan waktu yang diinginkan atau memilih waktu yang sekiranya Anda sudah bisa bersantai atau tidak sedang terbebani dengan pekerjaan yang lainnya. Sehingga bisa fokus hanya dengan bimbingan online tersebut.

  • Pilihlah situs bimbel yang Terpercaya

Terkadang banyak bimbingan online yang kurang sesuai dengan kebutuhan anak, untuk itu pilihlah situs yang memang dipercaya mampu mengatasi problem pembelajaran anak. Carilah situs yang sudah memiliki banyak testimoni yang mendukung di dalamnya. Semakin banyak review bagus dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa sebelumnya maka semakin bagus pula kualitas yang diberikannya.

  • Koneksi internet yang mumpuni

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam mengikuti bimbingan secara online adalah koneksi internet yang mumpuni tanpa adanya kendala dengan sinyal. Koneksi internet bisa dikategorikan sebagai kebutuhan utama untuk mengakses bimbel online ini sehingga ketersediaannya memang harus diutamakan. Pilihlah jaringan yang lancar di wilayah Anda, kalau bisa belilah dua koneksi internet untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu mengalami susah sinyal atau kendala lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyambut pendidikan di masa new normal demi kesehatan dan keselamatan bersama. Kalau Anda para orang tua yang terlalu sibuk atau merasa kesulitan untuk mengajar anak di era new normal, maka bisa menggunakan jasa les/ bimbel online dan offline kami di 0877-4330-0097 atau email ke info@gurulesku.id.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!