Blog

Pendidikan New Normal Indonesia

Pendidikan New Normal IndonesiaSistem pendidikan new normal Indonesia saat ini karena adanya pandemi menjadi hal yang berbeda. Hal ini dikarenakan Menteri pendidikan Indonesia sudah memutuskan untuk melakukan sistem pembelajaran secara daring atau online. Hal ini tentu juga karena kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan jika tetap melakukan kegiatan belajar mengajar secara langsung atau tatap muka. Oleh karena itu dilakukanlah online learning.

Online learning sendiri merupakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan media digital dan juga internet ketika menyampaikan materi yang dilakukan oleh guru. Hal ini juga dirasa akan lebih dekat dengan generasi pelajar yang sudah sangat maju dengan penggunaan produk digital. Selain itu mengajar dengan metode online juga bisa memudahkan penyampaian dan pengumpulan tugas yang bisa dalam bentuk online. Guru dan siswa tidak perlu bertemu secara langsung karena sudah bisa dilakukan dalam jarak jauh. 

Pendidikan New Normal Indonesia

Akan tetapi meskipun siswa tetap mendapatkan materi belajar secara online dari guru, tidak bisa dipungkiri jika siswa juga memerlukan tambahan penjelasan lain. Dalam hal ini kelas les online juga diperlukan. Meskipun di rumah saja, saat ini sudah banyak tempat les yang juga menggunakan sistem online untuk melakukan pembelajarannya.

Orang tua memang bisa menjadi guru les secara mandiri di rumah. Akan tetapi tidak semua orang tua mampu dan memiliki waktu yang cukup untuk memberikan tambahan belajar anaknya.

Oleh karena itu adanya kelas les online ini bisa sangat membantu baik orang tua atau siswa tersebut dalam memahami pelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari les online.

Manfaat Les Online Untuk Pendidikan New Normal Indonesia

  • Lebih fleksibel dan praktis

Manfaat dari online learning atau les online yang pertama adalah lebih praktis. Hal ini karena siswa dan juga tutor bisa tetap di rumah saja namun juga tetap bisa belajar sesuai dengan materi di sekolah. Jadi baik siswa ataupun guru juga tidak perlu keluar rumah dan menempuh jarak yang jauh untuk sampai di tempat les.

Selain itu juga lebih fleksibel karena tidak harus dilakukan di ruang kelas. Proses belajar mengajar tetap bisa dilakukan dimana saja selama tetap bisa membantu untuk fokus dan kondusif. Selain itu, siswa dan juga guru tidak diwajibkan untuk tampil dengan pakaian yang formal sehingga akan lebih memudahkan siswa dan guru. 

  • Pengalaman belajar yang menyenangkan dan berbeda

Biasanya jika belajar atau les secara tatap muka sudah pasti tidak bisa terlepas dengan yang namanya papan tulis, catatan, spidol, pulpen dan lain sebagainya yang membosankan. Namun lain halnya dengan les online. Belajar bisa menggunakan media digital yang lebih menarik seperti melalui foto, gambar atau video.

Dengan begitu proses pembelajaran juga tidak akan membosankan. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk siswa yang memang lebih suka belajar dengan media yang menarik. Sehingga ilmu yang disampaikan dan diajarkan guru juga bisa lebih bermanfaat. 

  • Pendekatan yang lebih sesuai

Bimbel pendidikan new normal Indonesia saat ini juga harus mengikuti arahan pemerintah dimana harus secara online atau tidak ada tatap muka. Hal ini tentunya juga bermanfaat karena pendekatan yang digunakan bisa lebih sesuai dengan siswa jaman sekarang dimana yang sudah lebih tahu cara menggunakan teknologi. Dengan begitu siswa diharapkan bisa lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru ketika les online. 

  • Lebih personal

Teknik yang dilakukan saat les online biasanya menggunakan materi yang satu arah akan tetapi ada juga yang menggunakan komunikasi dua arah. Bahkan ada juga beberapa les online yang membuat proses belajar mengajar seperti bertatap muka secara langsung walaupun tetap dilakukan secara online atau daring. Tutor les bisa secara langsung menjelaskan mengenai materi yang dipelajari dan siswa juga bisa secara langsung bertanya dan mendiskusikannya dengan tutor tersebut.

Dengan begitu meskipun les dilakukan secara online, siswa tetap bisa mendapatkan umpan balik secara langsung dari guru les. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar juga bisa menjadi lebih personal dan diharapkan siswa tetap bisa menerima materi dan ilmu yang diajarkan. 

  • Mudah didokumentasikan

Jika menggunakan metode belajar secara langsung siswa diharuskan untuk mencatat materi yang sudah disampaikan. Hal ini terkadang juga membuat siswa bosan dan kurang bisa fokus pada penjelasan guru. Namun berbeda dengan metode pendidikan new normal Indonesia yang dilakukan secara online.

Siswa bisa merekam penjelasan dari tutor les yang nantinya bisa disimpan. Dengan begitu siswa tetap bisa belajar mengenai penjelasan materi tersebut dikemudian hari. Kemungkinan rekaman penjelasan tersebut untuk hilang juga bisa lebih diminimalisir jika dibandingkan dalam bentuk catatan di kertas yang bisa saja rusak atau hilang. 

  • Lebih hemat waktu dan biaya

Ketika melakukan les secara langsung atau tatap muka, bisa saja dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dalam perjalanan untuk ke tempat les. Namun hal ini berbeda jika dilakukan les dalam bentuk online.

Baik tutor ataupun siswa hanya perlu menunggu sesuai waktu yang dijadwalkan dan menggunakan laptop atau handphone saja untuk melakukannya. Selain itu waktu atau jam yang diperlukan juga lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kelonggaran waktu dari tutor dan siswa.

Selain hemat waktu juga lebih hemat biaya. Hal ini karena jika melakukan les secara langsung tentunya siswa diharuskan untuk membeli atau mencetak materi yang dibutuhkan untuk belajar. Namun hal ini bisa dihindari jika les secara online. Bentuk materi yang dipelajari akan berbentuk online atau format softfile.

Ketika akan mengumpulkan tugas juga dalam bentuk softfile sehingga siswa tidak perlu untuk mencetaknya lagi. Biaya yang biasa digunakan untuk mencetak materi bisa digunakan untuk membeli paket data.

  • Ramah lingkungan

Manfaat pendidikan new normal Indonesia adalah ramah lingkungan. Hal ini karena adanya pembatasan untuk keluar rumah menyebabkan secara langsung juga mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor. Selain itu, les online juga tidak membutuhkan kertas untuk materi dan lain sebagainya yang biasanya digunakan saat les secara langsung.

Dengan begitu secara tidak langsung juga mengurangi penggunaan kertas. Lalu juga menghindari kerusakan lingkungan akibat pembuatan kertas dari pohon dan mengurangi sampah yang dihasilkan dari limbah tersebut. 

  • Alternatif selama social distancing

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini memang secara langsung memberikan dampak yang cukup signifikan untuk setiap bidang. Salah satunya adalah dari segi pendidikan new normal Indonesia. Adanya les secara online juga sebagai bentuk dari aturan pemerintah yang mengharuskan pembatasan interaksi atau social distancing. Namun pendidikan dan proses belajar mengajar memang tetap harus berlangsung. Oleh karena itu juga sudah banyak les online yang tersedia dan bisa membantu siswa untuk tetap belajar di rumah.

Permudah kegiatan belajar mengajar anak Anda di rumah dengan bantuan les baik online terutama di era pandemi Covid-19 ini dari Gurulesku ID di 0877-4330-0097 atau email ke info@gurulesku.id

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!