Blog

Pendidikan New Normal Jawa Timur

Pendidikan New Normal Jawa Timur – Dikala pandemi Covid-19 saat ini juga banyak sekali mengalami perubahan. Semua sekolah dan perguruan tinggi diwajibkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah atau secara online. Kegiatan belajar mengajar akan dilakukan dari rumah secara online atau melalui media digital dan teknologi.

Dalam hal ini berarti dibutuhkan media yang bisa memfasilitasi baik siswa ataupun guru tutor agar bisa melakukan pembelajaran dengan baik walaupun secara online. Media tersebut hanya sebagai wadah atau alat untuk menyampaikan komunikasi secara online baik dari tutor ke siswa dan sebaliknya.

Jadi peran tutor sebagai pemberi ilmu juga tidak bisa digantikan. Berikut adalah beberapa media yang bisa digunakan saat pembelajaran dengan metode daring atau online. 

Pendidikan New Normal Jawa Timur

Media Pendidikan New Normal Jawa Timur

  • Zoom 

Media yang pertama bisa dan umum digunakan adalah zoom meeting atau zoom. Kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilakukan secara tatap muka, hanya saja saat ini menggunakan media online, salah satunya adalah zoom.

Zoom merupakan platform untuk berkomunikasi atau melakukan konferensi tatap muka dalam jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, obrolan, pertemuan online hingga kolaborasi seluler. Saat ini penggunaan zoom meeting ini sudah sangat banyak digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh salah satunya juga untuk melakukan les online dengan tutor.

Zoom memungkinkan tutor dan juga murid untuk bertatap muka secara virtual dan tetap melakukan proses belajar mengajar dari rumah. Bahkan ada fitur terbaru dari zoom yang memungkinkan para siswa untuk menyalin percakapan dalam bentuk teks selama konferensi atau kegiatan belajar mengajar tersebut.

Hal ini tentunya akan sangat membantu siswa untuk mencatat hal-hal yang penting atau jika ada hal yang terlewat. Untuk menggunakan platform ini, siswa dan tutor harus masuk atau mendaftar menggunakan email yang kemudian akan diverifikasi oleh zoom. Selain itu juga terdapat kode tertentu atau link yang akan digunakan oleh siswa untuk bisa masuk ke forum tersebut. Jadi tidak semua siswa yang tidak berkepentingan bisa masuk ke dalam forum. 

  • Google Classroom

Metode pendidikan new normal Jawa Timur yang selanjutnya adalah menggunakan media Google Classroom. Sesuai dengan namanya, platform ini memang dibuat oleh Google. Platform ini bertujuan untuk memudahkan, menilai tugas secara virtual, mendistribusikan tugas atau materi virtual atau tanpa kertas.

Dalam kata lain tujuan utama dari platform ini adalah untuk menyederhanakan proses berbagi file dari guru dan juga siswa. Google platform ini juga menggabungkan Google Drive untuk pengiriman dan pembuatan tugas, Google docs, sheets dan slides untuk penulisan, Gmail untuk berkomunikasi dan Google calendar untuk membuat jadwal. 

Untuk bisa menggunakan platform tersebut, tutor akan memberikan kode tertentu agar siswa bisa bergabung ke dalam kelas tersebut. Setiap kelas yang berbeda akan memiliki folder yang berbeda pula dan juga terpisah. Jadi siswa bisa mengirimkan tugas atau materi yang ingin ditanyakan pada tutor lesnya.

Namun kekurangan dari platform ini masih tidak bisa memberikan kuis atau tes secara otomatis. Dalam kata lain Google classroom ini lebih cocok digunakan untuk proses belajar mengajar dalam bentuk tugas virtual. Akan tetapi bukan berarti platform ini tidak cocok digunakan untuk les online. Siswa tetap bisa mengirimkan tugas yang ingin ditanyakan pada tutor melalui platform ini.

Manfaat Belajar Online

Meskipun sudah banyak platform yang mendukung anak tetap belajar di rumah, masih banyak orang tua yang ragu dengan belajar online. Selain karena tidak bisa belajar secara langsung, juga karena takut jika materi yang diajarkan melalui belajar online tidak bisa diterima dengan baik oleh anak.

Adanya tambahan berupa les online atau bimbel pendidikan new normal Jawa Timur juga bisa membantu anak untuk lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru melalui sistem online. Berikut adalah beberapa manfaat dari belajar secara online.

  • Lebih fleksibel

Belajar secara online juga berarti anak akan lebih fleksibel dalam belajar. Hal ini karena belajar bisa dilakukan dimana saja. Tentunya jika dibandingkan dengan duduk berjam-jam di dalam ruang kelas yang akan lebih membosankan. Dikarenakan pembelajaran dilakukan di rumah saja tentu juga akan lebih menghemat biaya transportasi yang biasanya dikeluarkan jika harus melakukan les secara tatap muka.

Selain itu dari segi waktu belajar juga akan jadi lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. Siswa bisa menyesuaikan dengan jadwal tutor di jam berapa bisa melakukan belajar online. Dengan begitu kedua belah pihak juga tidak akan dirugikan. Bahkan siswa juga bisa memilih waktu yang mungkin cocok untuknya belajar seperti di pagi atau sore hari. 

  • Lebih bebas mengeksplorasi

Ketika melakukan les online, siswa akan lebih bebas untuk memilih topik atau materi apa yang ingin dipelajari. Dengan memiliki kebebasan tersebut siswa akan lebih terdorong untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemauannya. Les online juga mendukung pembelajaran yang sudah dilakukan di sekolah dengan cara mereviewnya kembali. Dengan begitu siswa akan diharapkan bisa lebih memahami mengenai materi yang terlah diajarkan disekolah. Les online bisa membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan.

  • Meningkatkan kemampuan literasi internet

Manfaat pendidikan new normal Jawa Timur dengan adanya belajar online adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi internet anak-anak. Kemampuan literasi internet ini seperti kemampuan untuk mengakses informasi, berkolaborasi dan berkomunikasi yang sangat dibutuhkan di era digital agar bisa tetap belajar.

Kemampuan ini ternyata tidak hanya berguna pada saat kegiatan pembelajaran saja melainkan juga untuk kehidupan ke depannya seperti saat mencari pekerjaan. Akan tetapi kemampuan ini harus tetap dilatih oleh orang tua karena screentime juga tidak baik jika dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu orang tua harus tetap mengawasi penggunaan gadget dan situs apa saja yang diakses oleh anak Anda.

  • Mengakomodasi berbagai jenis gaya belajar

Gaya belajar setiap anak sudah pasti berbeda dengan gaya mengajar guru di sekolah. Akibatnya siswa sering kali merasa bosan ketika proses kegiatan belajar mengajar tersebut. Namun lain halnya jika dilakukan dengan belajar online.

Belajar online bisa mengakomodasi berbagai jenis gaya belajar anak karena materi dan juga metode yang digunakan berbeda-beda. Belajar dengan menggunakan media seperti video atau gambar juga bisa tersedia. Dimana hal ini akan membantu anak yang lebih suka belajar dengan bentuk visual. Dengan metode belajar yang tepat, siswa juga akan merasa tertarik dalam proses belajar mengajar.

Pendidikan new normal Jawa Timur memang mengharuskan siswa untuk belajar di rumah. Namun dengan adanya berbagai macam les online dengan platform yang menarik juga bisa membantu anak untuk tetap belajar sesuai dengan keinginan mereka. Anda dapat melakukan kegiatan belajar untuk anak secara lebih maksimal lewat mentor-mentor di Gurulesku ID. Cukup hubungi kami di 0877-4330-0097 atau email ke info@gurulesku.id.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!