Blog

Bimbel UKK Surabaya

Bimbel UKK Surabaya – UKK atau Ujian Kenaikan Kelas merupakan momen yang cukup mendebarkan bagi para pelajar. Pasalnya ujian tersebut menjadi penentu apakah mereka akan naik kelas atau tidak. Jika selama ini nilai yang diperoleh dari tugas harian, ulangan harian, atau ujian tengah semester dirasa kurang memuaskan, maka sekarang adalah saatnya mengikuti Bimbel UKK Surabaya.

Bimbel atau bimbingan belajar merupakan program pendampingan belajar yang dapat membantu para pelajar untuk memahami materi yang diajarkan di sekolah dan mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi ujian, khususnya ujian kenaikan kelas. Untuk mendapatkan bimbingan belajar yang tepat, sebaiknya kenali lebih dulu jenis-jenis bimbingan belajar yang ada di Indonesia.

Menyiapkan Kenaikan Kelas Sejak Dini

Bimbel di Indonesia terdiri dari beberapa tipe. Bimbingan belajar tersebut ditawarkan dengan paket, fasilitas, dan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Paket bimbel yang cocok dapat mendukung para pelajar untuk belajar secara efektif dan efisien.

  • Bimbel Konvensional

Bimbel yang satu ini sama seperti sekolah yang banyak dijumpai di mana pendampingan belajar tersebut dilaksanakan di dalam sebuah ruang kelas. Beberapa peserta atau murid bimbel akan berkumpul dan belajar di ruangan yang sama dengan satu mentor untuk mendampingi setiap pelajaran. Untuk program bimbel reguler, jumlah peserta di setiap kelas tergolong kecil yaitu maksimal hanya 20 orang. Sesi belajar di bimbel dihitung per minggu dengan 2 – 4 kali pertemuan.

Bimbel UKK Surabaya

Mengikuti bimbel konvensional sampai saat ini masih cukup banyak diminati karena menjadi ajang untuk bertemu dengan teman baru yang berasal dari luar sekolah. Bimbel ini setidaknya akan membuat para pesertanya merasakan kompetisi belajar di antara para pelajar yang masih berada di satu kota.

Modul materi merupakan fasilitas standar yang bisa diterima. Tetapi ada pula bimbel yang menetapkan biaya tambahan ketika hendak mengadakan try out. Bimbel konvensional biasanya menetapkan harga mulai dari 2 jutaan dalam satu tahun.

  • Kursus Online

Saat ini sudah ada banyak situs yang menawarkan berbagai seri kursus online dengan topik – topik yang telah dispesifikkan. Kegiatan mendengarkan penjelasan mentor di depan kelas berubah menjadi menonton video materi. Selain itu, banyak juga situs yang menawarkan akses secara gratis. Tetapi kelemahan dari kursus online adalah murid tidak dapat melakukan konsultasi personal langsung dengan mentor atau pemateri. Dalam kursus online, murid dituntut untuk belajar secara mandiri.

  • Bimbel Privat

Bagi pelajar yang ingin mendapatkan pendampingan belajar secara lebih intensif dan personal, bimbel privat atau memanggil guru les datang ke rumah dapat menjadi solusi yang tepat. Jika bimbel kelas reguler diselenggarakan secara berkelompok dengan beberapa peserta yang didampingi 1 guru, pada bimbel privat satu guru hanya mendampingi satu murid.

Bimbel privat menawarkan keunggulan di mana pendampingan akan fokus hanya pada satu siswa. Siswa juga dapat belajar sesuai dengan batas kemampuan yang dimiliki. Jadi pemahaman materi yang diterima oleh siswa akan lebih mendalam. Sistem pendampingan belajar privat ini biasanya tarifnya dihitung setiap pertemuan dengan durasi 1,5 jam sampai 2 jam. Tarif yang ditetapkan juga mulai dari Rp 50 ribu hingga 100 ribu per pertemuan.

  • Bimbel Online

Sesuai dengan namanya, program pendampingan belajar ini dilakukan secara online. Jika kelas pada bimbel konvensional berupa ruangan, kelas di bimbel online dilakukan dalam grup aplikasi online. Kompetisi yang terjadi dalam bimbingan belajar ini tidak hanya antar murid di satu kota tetapi bisa berasal dari seluruh penjuru nusantara. Dengan program bimbel ini, jaringan pertemanan yang diperoleh menjadi semakin luas.

Ketika bergabung dengan bimbingan belajar online, siswa tidak perlu lagi memikirkan macet untuk menuju ke tempat les. Selain itu saat kegiatan bimbel konvensional siswa yang segan bertanya akan merasa lebih terbuka ketika mengikuti bimbel online. Tarif yang diterapkan dalam bimbel ini juga lebih terjangkau karena bimbel tersebut tidak memerlukan biaya seperti cetak modul fisik dan sewa ruangan. Namun kelemahan dari bimbel ini adalah diperlukan gadget dan akses internet untuk mengikuti bimbingan belajar. Selain itu bimbel ini juga kurang cocok jika orangtua mengupayakan anak untuk mengurangi penggunaan gadget yang berlebih.

Bimbel UKK Surabaya merupakan program bimbingan belajar yang ditujukan bagi para pelajar yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian kenaikan kelas. Selain mengikuti bimbel, ada beberapa tips yang dapat diperhatikan agar ujian kenaikan kelas membuahkan hasil yang maksimal.

  • Membuat Ringkasan Materi

Buat ringkasan poin – poin penting dari materi ujian. Guru mata pelajaran biasanya akan memberikan batas materi untuk ujian. Jadi tidak mungkin materi yang diujikan di luar materi yang sudah dibahas. Jika sebelum ujian harus membaca materi dari awal sampai akhir, hal ini tentu akan menghabiskan banyak waktu dan belum tentu efektif. Selain itu, untuk memahami materi tidak hanya cukup dengan membaca tetapi juga perlu melatih pemahaman seperti menyelesaikan soal-soal latihan yang disediakan.

  • Memahami Materi, Bukan Menghafal

Memahami merupakan kegiatan meneliti pembahasan sedangkan menghafal hanya sekedar mengingat sebuah pembahasan. Menghafal belum tentu paham tetapi ketika paham kemungkinan besar sudah bisa hafal. Seorang guru biasanya jarang memberikan soal yang sangat mirip dengan yang ada di buku pelajaran untuk mengasah pemahaman siswa. Jadi saat membahas materi ujian, usahakan untuk memahaminya. Jika masih ada yang belum paham, jangan sungkan untuk bertanya dan jangan lanjutkan ke materi selanjutnya karena nanti akan membuat semakin bingung.

  • Membaca Materi Sekilas Sebelum Ujian

Sebelum ujian dimulai, baca ulang materi ujian secara sekilas. Guru biasanya akan mensterilkan ruang kelas dari buku dan tas ketika ujian dimulai. Jika datang lebih awal dari jadwal ujian dimulai, maka masih ada kesempatan untuk melihat kembali materi ujian meskipun hanya sebentar. Buka materi yang kurang dipahami saja. Pasalnya mungkin saja materi yang kurang dipahami ini akan muncul dalam soal ujian.

Dengan kiat-kiat di atas dan didukung dengan adanya bimbel UKK Surabaya, para pelajar tidak akan merasa gugup atau cemas untuk menghadapi ujian kenaikan kelas. Bimbel gurulesku.id akan memberikan persiapan yang matang untuk menghadapi UKK. Bimbel untuk UKK biasanya dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum ujian dilaksanakan misalnya sejak awal tahun ajaran baru, sejak awal semester genap, atau 3 bulan sebelum ujian kenaikan kelas.

Persiapan yang semakin panjang, akan menunjukkan kematangan yang lebih baik. Pasalnya pelajar memiliki waktu yang cukup untuk memahami materi-materi yang diujikan. Dalam bimbel tersebut, ada kalanya siswa akan mengikuti try out untuk mengukur perkembangan pemahaman siswa mengikuti program bimbel tersebut. Jadi hasil yang diperoleh dari try out dapat menjadi motivasi juga untuk meningkatkan semangat belajar agar mendapatkan hasil yang lebih baik saat ujian kenaikan kelas yang sebenarnya.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!