Blog

Bimbel UTBK SBMPTN 2021

Bimbel UTBK SBMPTN 2021 – Banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan dari SBMPTN dan juga SNMPTN. Keduanya memiliki kemiripan nama namun proses dan syarat yang berbeda jauh. Pelaksanaannya pun juga berbeda waktu meskipun biasanya hanya selisih berapa hari dari pengumumannya.

Bagi Anda yang sedang duduk di kelas 12 atau orang tua yang mendampingi wajib hukumnya untuk mengenal kedua sistem masuk PTN yang terkenal ini. Sehingga bisa dipersiapkan sedini mungkin untuk menggunakan salah satunya.

Bimbel UTBK SBMPTN 2021

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN dengan Bimbel UTBK SBMPTN 2021

  • Syarat siswa yang boleh ikut

Yang menjadi pembeda pertama adalah mengenai syarat siswa yang boleh ikut pada SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SNMPTN ini hanya bisa ditempuh untuk siswa yang sedang berada di kelas 12 SMA. Namun untuk SBMPTN sendiri bisa ditempuh oleh siswa kelas 12 dan juga alumni dengan batas maksimal 3 tahun dari kelulusan.

Untuk SNMPTN biasanya penyeleksiannya dilakukan pertama kali sebelum dibukanya peluang untuk SBMPTN. Anda bisa mencoba peluang pada SNMPTN terlebih dahulu barulah bisa ikut berjuang untuk SBMPTN. Keduanya sama-sama bagus dan jalur yang disarankan untuk berjuang mendapatkan PTN impian.

  • Besarnya peluang

Kedua jalur ini memiliki peluang yang berbeda-beda berdasarkan beberapa hal terkait ketika mengikutinya. Untuk jalur SNMPTN sendiri memiliki kuota maksimal sebanyak 20% pada setiap PTN yang menyediakan. Bahkan untuk bisa ikut jalur ini ada beberapa syarat lain yang perlu diketahui sebagai berikut:

  • Sekolah dengan peringkat akreditasi C, untuk siswa yang bisa ikut jalur ini sebanyak 5% terbaik dari keseluruhan siswa kelas 12.
  • Sekolah dengan peringkat akreditasi B, untuk siswa yang bisa ikut jalur ini sebanyak 25% terbaik dari keseluruhan siswa kelas 12.
  • Kemudian untuk sekolah dengan peringkat akreditasi A, untuk siswa yang bisa ikut jalur ini sebanyak 40% terbaik dari keseluruhan siswa kelas 12.

Kuota SNMPTN memang lebih kecil dan ditambah syarat akreditasi dengan kuota masing-masing sekolah yang berbeda. Sementara untuk SBMPTN memiliki kuota yang lebih besar sekitar 40%Β  yang telah disediakan. Persaingan juga mempengaruhi kelulusan pada jalur ini. Itulah banyak siswa yang belajar bersama bimbel UTBK SBMPTN 2021 terbaik agar lebih maksimal.

  • Biaya untuk pendaftaran jalur

Untuk Anda yang ingin fokus mengejar SNMPTN perlu diketahui bahwa mendaftar pada jalur ini tidak dikenai biaya apa pun alias gratis. Sehingga sangat menguntungkan untuk dicoba dan diperjuangkan sebagus mungkin. Terlebih untuk Anda yang memang terbatas dalam hal biaya.

Sementara untuk jalur UTBK SBMPTN memiliki biaya khusus untuk menempuh ujiannya. Bahkan biaya untuk tempuh ujian ini berbeda bagi kelompok Soshum, Saintek dan campuran. Untuk yang campuran memang sedikit lebih mahal yakni Rp 300.000,-. Sementara untuk Soshum dan Sainstek sebesar Rp 200.000,-.

Bahkan proses pembayarannya pun tidak boleh sembarangan yakni mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kartu peserta ujian SBMPTN sebelum proses ujian berlangsung. Selain dibebani belajar Anda juga harus mengingat tanggal penting menjelang ujian.

  • Proses seleksi berdasarkan jalurnya

Kemudian mengenai proses seleksi yang dilakukan pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SNMPTN ini hanya menggunakan tolak ukur rapor pada kelima semester akhir. Jadi untuk Anda yang memang ingin menembus jalur ini bisa menggunakan waktu yang ada untuk memperbaiki rapor yang dibutuhkan.

Perihal lain yang menjadi pertimbangan adalah mengenai akreditasi sekolah, jejak alumni, prestasi akademis yang dicapai dan juga nilai dari ujian nasional. Memang banyak syarat untuk bisa ikut SNMPTN ini namun bonusnya Anda tidak perlu melakukan ujian untuk mengikuti proses seleksi ini.

Namun untuk SBMPTN Anda tidak perlu risau dengan nilai rapor yang pas-pasan dan juga kebutuhan lain yang tidak menunjang. Anda memang harus dihadapkan pada ujian tertulis yakni TKA dan TPS yang harus ditempuh dengan nilai yang menunjang. Itulah mengapa banyak orang yang menggunakan jasa bimbel UTBK SBMPTN 2021 murah untuk menunjang hasilnya.

  • Waktu seleksi

Biasanya untuk seleksi pada jalur SNMPTN ini dilakukan pada awal tahun yakni di bulan Januari sampai dengan Februari. Sementara untuk UTBK SBMPTN dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni. Memang berdekatan dengan tenggat waktu yang juga padat.

Anda yang tidak lolos atau tidak memiliki kesempatan mengikuti SNMPTN diperbolehkan untuk mengikuti tes jalur SBMPTN.

  • Makna dari setiap jalurnya

SNMPTN adalah seleksi yang dilakukan secara nasional untuk masuk perguruan tinggi, jalur ini banyak disebut dengan jalur undangan. Sementara untuk SBMPTN disebut dengan seleksi bersama masuk perguruan tinggi tanpa ada kata β€œnasional” karena sifatnya opsional.

Ini Dia Tips Sukses SBMPTN 2021!

Tentunya dibutuhkan beberapa tips untuk bisa sukses dalam melakukan tes UTBK SBMPTN seperti di bawah ini:

  • Mencari bantuan

Memang belajar ditemani paket biaya bimbel UTBK SBMPTN 2021 adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memilih bimbel sesuai keinginan tentunya dengan paket lengkap dan fasilitas yang memadai. Carilah bimbel dengan harga yang terjangkau sesuai kantong namun pertemuannya sudah mencukupi persiapan 3 bulan sebelum UTBK.

Contohnya seperti bimbel Gurulesku.id yang menawarkan kelas UTBK online dengan 50x pertemuan selama kurang lebih 3 bulan. Di dalamnya Anda bisa mendapatkan fasilitas dari guru terbaik, module terbaru, bimbingan, konsultasi hingga tryout rutin. Hubungi 0877-4330-0097 untuk info lebih lanjut.

  • Mencari peluang

Langkah berikutnya adalah selalu cari peluang mengenai banyaknya saingan yang ingin mendapatkan kursi pada prodi PTN yang diinginkan. Ada beberapa hal yang perlu dicari infonya sebagai berikut:

  1. Gali informasi mengenai kuota yang dibuka untuk PTN dan juga prodi tujuan. Cari tahu juga banyaknya pendaftar yang ditampung demi memperebutkan kursi yang tersedia.
  2. Cari tahu juga mengenai rata-rata nilai, nilai terendah dan tertinggi untuk bisa mencapai prodi PTN tersebut.
  3. Kedua hal di atas bisa digunakan untuk menentukan prioritas pilihan pertama dan kedua pada SBMPTN.
  • Gunakan PSDU

PSDAU adalah program yang memberikan studi di luar kampus utama. Biasanya prodi ini memiliki ukuran standar nilai yang lebih rendah dibandingkan standar prodi pada umumnya. Alasannya adalah prodi ini masih baru dan terletak di daerah lain dari kampus utama.

Jika Anda memiliki minat pada prodi yang termasuk kategori ini tentu bisa menjadi nilai plus dan peluang lebih bagus dibandingkan prodi lain yang banyak peminat.

  • Penakaran nilai

Jangan lupa untuk menargetkan nilai yang ingin didapatkan melalui setiap try out yang dilakukan. Pastikan hasilnya selalu berkembang setiap proses try out-nya sehingga Anda bisa melihat pencapaian keberhasilan dari belajarnya.

  • Ikuti try out PTN bersama

Selain bisa lebih eksplore, sering mengikuti try out juga membuat Anda lebih terbiasa bertemu soal-soal sejenis dan mudah dalam menaklukkannya.

  • Latihan mandiri

Selain wajib try out, Anda juga wajib melakukan latihan soal mandiri untuk meningkatkan kemampuan dan juga manajemen waktu yang lebih baik.

  • Gunakan patokan nilai

Anda harus mencari informasi mengenai nilai rata-rata UTBK yang diminta oleh prodi PTN yang akan dimasuki. Hal ini bisa dijadikan target nilai yang harus dimiliki untuk bisa menembusnya.

Itulah beberapa hal-hal penting mengenai bimbel UTBK SBMPTN 2021 yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!