Blog

Bimbingan Tes Masuk PKN STAN Melalui Beberapa Tahapan

Bimbingan Tes Masuk PKN STAN – Akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi agar bisa lolos dalam setiap tes. Banyak pesaing yang harus Anda kalahkan dalam USM PKN STAN, bahkan tes ini pernah menggugurkan peserta sekitar 95% dari jumlah keseluruhan. Itulah mengapa bimbingan belajar akan sangat berguna dalam persiapan ini.

Tahapan dan Bimbingan Tes Masuk PKN STAN

PKN STAN adalah pilihan sekolah tinggi yang tepat bagi Anda yang suka pelajaran hitung-hitungan. Sekolah ini memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Keuangan RI di mana nantinya lulusan PKN STAN akan mendapatkan jaminan pekerjaan sesuai dengan jurusan mereka. Jaminan pekerjaan inilah yang membuat banyak siswa tertarik untuk menjadi mahasiswa PKN STAN.

Bimbingan Tes Masuk PKN STAN

Banyak kabar yang mengatakan bahwa lulusan PKN STAN nantinya akan langsung jadi PNS. Tidak heran jika para siswa di seluruh nusantara ini ingin menjadi mahasiswa PKN STAN. Apakah kabar ini benar? Anda akan mengetahuinya dari ulasan di bawah ini. Berikut ini adalah tahapan yang akan dilalui oleh lulusan PKN STAN:

  1. Tahap Pra PNS

Tahap Pra PNS menjadi bukti bahwa kabar yang mengatakan bahwa lulusan PKN STAN akan menjadi PNS merupakan mitos. Lulusan PKN STAN sebelum tahun 2016 mengharuskan mereka mengikuti tes masuk PNS terlebih dahulu. Tes tersebut bernama TKD atau Tes Kemampuan Dasar. TKD untuk lulusan PKN STAN ini berbeda dengan lulusan dari perguruan tinggi yang lain. Sejak tahun 2016, TKD menjadi salah satu bagian dan USM PKN STAN jadi setelah lulusan PKN STAN maka mereka tidak akan lagi menerima tes tersebut, melainkan langsung menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara otomatis. Selain itu, pada tahap ini Anda akan menjumpai Capacity Biulding, Samapta, dan Diklat Pra Jabatan untuk beberapa inPKN STANsi tertentu. Biasanya kita harus mengikuti pelatihan militer bersama anggota TNI atau Kopasus yang lain. Seperti yang diketahui jika kebugaran menjadi salah satu tes masuk PKN STAN sehingga kemampuan ini harus dijaga hingga mereka menjadi PNS nantinya.

  1. Penempatan kerja

Penempatan kerja menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PKN STAN. Adanya jaminan pekerjaan dari negara membuat banyak siswa yang ingin masuk PKN STAN. Setelah mereka menyelesaikan program pendidikan mereka, alumni PKN STAN ini akan ditempatkan sebagai pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Kementerian Perhubungan. Berbeda dengan jurusan Kepabeanan dan Cukai yang sudah spesifik, maka pekerjaan mereka akan ditempatkan sebagian besar di instansi yang sesuai. Setelah ditempatkan pada intansi yang sesuai dengan jurusan, maka mereka akan mengalami penempatan kantor. Beberapa inPKN STANsi hanya memiliki satu kantor, seperti Sekjen, DJA dan BKP, namun ada juga inPKN STANsi yang memiliki beberapa kantor di bebagai daerah sehingga mereka harus siap ditempatkan di daerah terpencil sekalipun, seperti DJBC, DJB, dan DJPB.

  1. Setelah menjadi PNS

Mahasiswa lulusan D3 akan diangkat menjadi PNS dengan golongan II-C, sementara untuk lulusan D1 akan diangkat menjadi PNS golongan II-A. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan, akan diperbolehkan jika Anda sudah bekerja selama 2 tahun terlebih dahulu. Anda dapat melanjutkan program pendidikan kedinasan atau dengan inisiatif sendiri. Semua PNS memiliki masa wajib kerja selama (3n +1) tahun, artinya untuk lulusan D1 wajib kerja selama 4 tahun, sementara untuk lulusan D3 wajib kerjanya selama 10 tahun.

Jika ada yang mengundurkan diri sebelum masa wajib kerjanya berakhir, maka ia harus membayar biaya kuliah selama berada di PKN STAN. Jadi, Anda harus memikirkan benar kerugian yang akan Anda dapatkan jika mengabaikan tanggung jawab tersebut. Padahal, keuntungan Anda dengan bekerja sebagai PNS sangatlah banyak, terutama di Kementerian Keuangan. Salah satunya adalah mendapatkan gaji dan tunjangan yang relatif lebih tinggi dibanding PNS lainnya. Anda juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan bersifat kedinasan, baik di dalam ataupun di luar negeri.

Bimbel PKN STAN Terbaik

Bimbel sudah menjadi kebutuhan bagi para pelajar karena mereka masih ingin mencari ilmu di tempat lain selain sekolah. Bimbingan belajar juga dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan rumah dan menambah pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan di sekolah. Bahkan, sekarang ini kita bisa menjumpai bimbingan belajar yang khusus untuk persiapan masuk PKN STAN. Biasanya bimbingan belajar PKN STAN ini berlangsung kurang lebih satu tahun dan pembahasannnya hanya berkaitan dengan materi USM dan persiapan lain yang dibutuhkan dalam tes masuk PKN STAN.

Gurulesku menjadi salah satu bimbel yang dapat membantu Anda menghadapi panjangnya tahapan masuk PKN STAN dengan puluhan ribu peserta sebagai pesaing yang ketat. Anda akan menjumpai tutor yang profesional dan program bimbel PKN STAN yang begitu mengasyikkan sehingga persiapan akan lebih mudah dilakukan. Informasi bimbingan tes masuk PKN STAN selanjutnya bisa Anda dapatkan dari Gurulesku.

[Total: 1 Average: 5]

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!