Blog

Tips Memilih Tempat Bimbel Surabaya

Tempat Bimbel Surabaya – Saat ini, ada banyak tempat bimbel Surabaya yang menawarkan berbagai jenis metode pembelajaran. Namun, sudahkah Anda yakin bahwa semua tempat bimbel itu tepat untuk Anda dan anak Anda? Lalu apa yang menjadi tolak ukur keberhasilan serta kualitas suatu tempat bimbel?

Untuk memastikan apakah suatu tempat bimbel itu cocok untuk anak Anda atau tidak, sebenarnya cukup sulit. Masalahnya, kesuksesan anak akan bergantung besar pada kecocokannya dengan tempat belajar. Bila bimbel tersebut dicap sebagai bimbel yang bagus, namun ternyata tidak cocok dengan anak Anda, maka niat belajarnya pun akan berkurang. Nantinya, hal ini akan berdampak pada prestasi anak Anda yang juga tidak maksimal.

Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa memaksimalkan suatu bimbingan belajar? Caranya adalah dengan memastikan kenyamanan anak Anda. Namun, hal itu tentu tidak bisa dilakukan kecuali anak Anda sudah melakukan pembelajaran paling tidak satu kali. Itulah mengapa ada banyak tempat bimbel Surabaya yang menawarkan kelas trial atau percobaan.

Tempat Bimbel Surabaya

5 Tips Memilih Tempat Bimbel Surabaya Agar Anak Niat Belajar

Sekali lagi, ini juga bukan hal yang mudah, tidak semua tempat bimbel mau menyediakan kelas trial. Alhasil, Anda harus melakukan riset Anda sendiri mengenai tempat bimbel tersebut. Nah, bagaimanakah panduan mencari tahu kualitas suatu bimbel? Simak tips-tips berikut ini.

  1. Testimoni Orang Tua

Testimoni adalah salah satu tolak ukur keberhasilan suatu produk atau jasa. Apapun yang diklaim oleh tempat bimbel Surabaya tersebut, jika tidak didukung oleh testimoni orang tua siswa yang pernah mendaftar di sana, maka bisa diragukan kebenarannya.

Anda bisa bertanya ke orang tua siswa teman anak Anda, terutama orang tua yang anaknya terkenal karena berprestasi. Tanyalah kepada orang tuanya dimana ia mendaftarkan anaknya untuk ikut bimbel. Catatlah tempat itu sebagai salah satu tempat yang recommended.

  1. Testimoni Siswa

Orang tua siswa dan siswanya sendiri sering memiliki beda pendapat mengenai suatu tempat bimbel Surabaya. Perlu diingat, orang tua siswa akan menilai suatu bimbel bagus apabila anaknya mengalami peningkatan prestasi. Padahal, peningkatan prestasi anaknya bisa saja tidak disebabkan oleh mengikuti suatu bimbel, melainkan faktor lain, bisa jadi karena anaknya memiliki teman di sekolah yang sering mengajak belajar.

Jadi, dapat dikatakan bahwa testimoni orang tua tidak menggambarkan kondisi suatu bimbel ketika proses belajar mengajar. Jadi, testimoni siapa yang harus dicari berikutnya? Ya, testimoni siswa itu sendiri. Setelah Anda menanyakan pada orang tua siswa, tanyakan juga pada anaknya, seperti apa pembelajaran di bimbel yang direkomendasikan orang tuanya tadi.

Beberapa anak mungkin akan menjawab “santai”, “serius”, “tentornya galak”, dan lain sebagainya. Nah, anggaplah pendapat anak ini bisa dipegang, walaupun sebenarnya juga tidak, karena pendapat seorang siswa cenderung subjektif tergantung pada suka tidaknya ia pada tentor di bimbel tersebut. Apalagi, setiap tento memiliki kepribadian berbeda. Bisa jadi ketika ditanya mengenai testimoni bimbel, anak ini sedang ingat pada tentor yang galak sehingga ia mencap semua tentor di bimbel tersebut galak.

Sekali lagi, anggaplah testimoni si anak ini benar dan bisa dipercaya. Anda kemudian tanyakan pada anak Anda, dari semua tempat tersebut manakah yang ia rasa nyaman? Beberapa anak mengakui bahwa ia tidak suka dengan pembelajaran yang terkesan santai, karena menjadikan dia tidak serius dalam belajar. Nah, jadi, Anda bisa mencari bimbel yang mendapatkan testimoni “agak serius atau galak” untuk anak Anda.

Namun, ada juga anak yang tidak suka tentor galak karena menghalangi kreativitas mereka dalam belajar, maka pastikan Anda mendaftarkan anak Anda di bimbel yang terkesan santai.

  1. Latar Belakang Pendidikan Tentor

Ini bukan lagi soal pendapat orang lain atau testimoni. Andalah yang harus melakukan penilaian sendiri. Setelah menemukan tempat bimbel yang recommended dari rekan orang tua siswa, dan juga siswa itu sendiri, dan mencocokkannya dengan kriteria kenyamanan anak Anda, maka datangilah bimbel yang sudah ditetapkan sebagai bimbel tujuan yang pas.

Di sana, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya tentang kualitas tentor. Apakah mereka memiliki sertifikat mengajar atau apa latar belakang pendidikan mereka. Sebenarnya, untuk saat ini, seorang tentor haruslah memiliki pendidikan minimal S1.

Namun, bukan berarti Anda langsung pergi meninggalkan tempat bimbel Surabaya yang kedapatan memiliki tentor lulusan D3 atau bahkan mahasiswa. Cobalah tanya lebih lanjut mengenai tentor tersebut. Bisa jadi pengalamannya jauh lebih banyak daripada tentor lain yang sudah S1.

Jadi, jangan langsung menilai mentah-mentah, melainkan jadikan bahan pertimbangan saja.

  1. Prestasi Bimbel

Selain pendapat customer, riset mengenai kualitas tentor, Anda juga harus mencari tahu mengenai kualitas bimbel tersebut dari banyak tidaknya prestasi yang dihasilkan oleh peserta didik di sana. Sebagai contoh, pernahkah bimbel tersebut mengikuti suatu lomba akademik dimana siswa-siswanya menjadi peserta, seperti lomba matematika, fisika, atau sejenisnya di tingkat kabupaten atau kota, bahkan provinsi.

Meskipun saat ini hal – hal seperti itu sudah jarang dilakukan, namun jika ada, itu bisa menjadi nilai tambah pada bimbel pilihan Anda.

Salah satu prestasi yang bisa dijadikan tolak ukur adalah keberhasilan tempat bimbel Surabaya tersebut dalam membantu siswa lulus Ujian Nasional. Seperti yang kita tahu, UN adalah salah satu ujian yang dianggap tersulit hingga saat ini, karena menguji kemampuan siswa sejak kelas awal (kelas 7 untuk SMP, dan kelas 10 untuk SMA). Jadi, tolak ukur ini cukup valid.

Prestasi kedua adalah UTBK atau SMBPTN atau ujian masuk universitas apapun. Nah, tanyakan seberapa banyak anak di bimbel itu yang berhasil masuk ke perguruan tinggi, terutama negeri. Semakin banyak anak yang masuk, maka semakin baguslah kualitas tempat bimbel Surabaya tersebut.

  1. Lokasi

Sederhana, namun sering terlupa. Sebagus apapun bimbel itu, sehebat apapun kualitas tentornya dan sebanyak apapun lulusannya yang masuk perguruan tinggi negeri, jika lokasinya jauh dari sekolah anak ataupun tempat tinggal Anda, maka bisa jadi kurang efisien.

Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah faktor kelelahan anak. Jadi, anak Anda yang sudah lelah sepulang sekolah harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke tempat bimbel Surabaya akan membuatnya tidak bisa menerima pelajaran secara efisien.

Tak hanya itu, Surabaya juga kadang kala mengalami kemacetan luar biasa, jadi bisa saja anak Anda terlambat ketika harus masuk les. Ini membuat semuanya menjadi tidak efektif.

Nah, pastikan Anda memilih tempat bimbel Surabaya yang dekat dengan sekolah atau rumah, jadi anak Anda tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu jauh. Selain itu, pastikan juga apakah bimbel tersebut menyediakan jadwal yang fleksibel, mengingat ada kemungkinan anak Anda harus membatalkan janji lesnya karena ada kegiatan sekolah yang tidak terduga.

Demikianlah 5 tips memilih tempat bimbel Surabaya yang tepat, semoga bermanfaat untuk Anda dan khususnya anak Anda.

Leave a Reply

Kontak

Tunggu Apalagi? Segera Hubungi Kami

Jl. Jetis Wetan No. 28 Kota Surabaya

info@gurulesku.id
0877-4330-0097
× Yuk, langsung tanya admin!